Breaking News:

MUDIK Lebaran ke Kebumen, Lansia 62 Tahun Gowes Tempuh Jarak 450 Km, Puasa Tak Putus: Alhamdulillah

Kisah lansia 62 tahun mudik lebaran dengan sepeda, tempuh jarak 450 km dari Jakarta ke Kebumen, puasa tak putus.

Editor: Apriantiara Rahmawati Susma
Yusuf Bachtiar/TribunJakarta.com
Lansia bernama Salikun Angle (62), melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda dari Tebet Jakarta tujuan Kebumen, Jawa Tengah. 

TRIBUNTRENDS.COM - Kisah pemudik melakukan perjalanan Jakarta Selatan - Kebumen menggunakan sepeda ramai jadi sorotan belakangan ini.

Pemudik tersebut adalah Salikun Angel (62) yang menempuh jarak 450 kilometer untuk sampai ke kampung halamannya.

Salikun Angel tampak semangat mengayuh sepedanya saat dijumpai melintas di jalur mudik Kota Bekasi Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kamis (28/4/2022) malam.

"Insya Allah puasa terus, makanya kita istirahat tidur siang," kata Angel di Bekasi. 

Baca juga: Idul Fitri Ingin Pulang Kampung? Amankan 8 Hal Ini sebelum Mudik Lebaran: Periksa Kunci Dua Kali

Baca juga: KAPAN Waktu Terbaik Mudik? Disarankan Idul Fitri Pulang Kampung Lebih Awal, Hindari Tanggal Ini

Strateginya untuk tetap menjaga puasa meski mudik menggunakan sepeda, tentu saja memilih aktif melakukan perjalanan di malam hari. 

Angel menjelaskan, ia berangkat dari kediamannya di Tebet setelah berbuka puasa. Sekira pukul 22.30 WIB ia baru sampai Kota Bekasi. 

Sepanjang malam, dia akan terus melakukan perjalanan dengan sesekali istirahat sejenak, Angel baru akan berhenti beristirahat cukup lama sekira pukul 09.30 WIB keesokan harinya. 

"Sekitar setengah 10 nanti (pagi) istirahat saya, baru setelah ashar jalan lagi sampai magrib, istirahat lagi sampai salat terawih kelar baru jalan lagi," jelas dia. 

Dengan skema pengaturan waktu istirahat seperti itu, dia berharap tetap bisa menjaga puasa meski dalam perjalanan mudik menggunakan sepeda. 

Angel memperkirakan, estimasi tiba di Kebumen tiga sampai empat hari. Sepanjang perjalanan itu, dia akan singgah di beberapa tempat untuk beristirahat. 

Lansia bernama Salikun Angle (62), melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda dari Tebet Jakarta tujuan Kebumen, Jawa Tengah.
Lansia bernama Salikun Angle (62), melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda dari Tebet Jakarta tujuan Kebumen, Jawa Tengah. (Yusuf Bachtiar/TribunJakarta.com)

"Saya sudah sering mudik menggunakan sepeda dari tahun 2012, sudah sering gowes pulang kampung," kata Angel. 

Mudik 2022 kali ini, Angel mengaku hanya berangkat seorang diri. Meski sudah lansia, dia tidak khawatir lantaran hampir di setiap kota terdapat persinggahan. 

Angel sendiri aktif dalam komunitas Rumah Federalis, wadah bagi para goweser jenis sepeda lawas merek Federal. 

"Sampai Kebumen kira-kira tiga hari, tapi mungkin bisa lebih karena saya biasa singgah di rumah teman, sekarang aja sudah banyak yang hubungin buat diajak mampir," ungkap Angel.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved