Breaking News:

Upacara HUT ke-77 RI, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Buton Merah Putih, Ternyata Ini Maknanya

Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Presiden Jokowi pakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara

Editor: Nafis Abdulhakim
Dokumentasi Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNTRENDS.COM - Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pakai baju adat.

Kali ini Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Buton.

Kostum adat tersebut pun mempunyai warna bak bendera kebanggaan bangsa Indonesia, merah dan putih.

Ternyata ada makna tersendiri dari baju adat Buton tersebut.

Presiden Joko Widodo dalam upacara detik detik Proklamasi di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara.

Pakaian adat kebesaran Sultan Buton yang digunakan saat menghadiri upacara resmi kesultanan itu adalah salah satu pilihan untuk dikenakan Presiden Jokowi pada upacara HUT Kemerdekaan RI. 

Dolomani adalah salah satu baju adat kebesaran Kesultanan Buton yang kerap digunakan Sultan ke-35 Muhammad Ali pada masa tahun 1918-1921.

10 Kutipan Heroik Pahlawan Nasional, Pembakar Semangat Nasionalisme, Momen HUT Ke 37 Kemerdekaan RI

KOLASE FOTO - Pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani yang akan dikenakan Jokowi pada upacara HUT kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 di istana negara.
KOLASE FOTO - Pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani yang akan dikenakan Jokowi pada upacara HUT kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 di istana negara. (TribunnewsSultra.com/HO)

Baca juga: Tampil Nyentrik, Pejabat Pakai Kostum Adat di Upacara Bendera HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Ini Gayanya

Baju adat itu dikirimkan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra ke Sekretariat Negara (Setneg).

Pilihan lainnya adalah busana adat Tolaki bernama Babung Ginasamani Ulusalu yang berasal dari Pemkot Kendari.

Sebelumnya, dari foto-foto yang beredar di media sosial (medsos) sebelumnya, Penjabat Sekretaris Daerah atau Sekda Sultra Asrun Lio juga tampak memperlihatkan pakaiat adat dolomani berwarna merah tersebut.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kerap mempergunakan pakaian adat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia pada upacara Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus setiap tahunnya.

Termasuk saat Kepala Negara menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang dilakukan sebelum puncak peringatan HUT RI.

Pada pidato sidang tahunan 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/08/2022), Presiden Jokowi mengenakan baju adat Paksian.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved