Breaking News:

YouTube Originals Tinggal Kenangan, Kini Resmi Ditutup setelah Enam Tahun Berjalan

YouTube Originals tinggal kenangan. Resmi ditutup setelah enam tahun beroperasi. Adakah penggantinya?

Editor: Suli Hanna
freepik.com
Ilustrasi YouTube 

TRIBUNTRENDS.COM - YouTube Originals kini tinggal kenangan.

YouTube Originials selama ini merupakan bisnis pembuatan konten video orisinal di YouTube.

Namun kini, YouTube Originals tak lagi beroperasi.

Setelah berjalan lebih kurang enam tahun, Google kini resmi menyetop bisnis pembuatan konten video orisinal di YouTube yang bernama YouTube Originals.

Sebagai informasi, YouTube Originals merupakan sebuah segmen di YouTube yang memungkinkan pengguna layanan Premium menonton beragam film atau serial TV yang dibuat dan tayang eksklusif di platform YouTube. 

Penyetopan bisnis Originals sendiri diumumkan Chief Business Officer YouTube Robert Kyncl dalam sebuah unggahan di Twitter dengan handle @rkyncl.

Baca juga: APA Itu YouTube Shorts? Fitur Video Pendek Pesaing TikTok dan IG, Ternyata Punya 3 Fokus Ini

Baca juga: ROMANTIS, Ini Daftar Lagu yang Paling Banyak Diputar di YouTube saat Valentine, Ada Musik Favoritmu?

YouTube Originals resmi ditutup
YouTube Originals resmi ditutup (YouTube)

Pengumuman ini juga disampaikan bersamaan dengan mundurnya YouTube Global Originals Head Susanne Daniels dari YouTube pada 1 Maret 2022.

Tidak ada penjelasan mengapa bisnis YouTube Originals dihentikan.

YouTube hanya mengatakan akan mengalihkan sumber daya di YouTube Originals ke sektor lain.

Robert mengatakan bahwa pihaknya kini bisa mengalihkan dana untuk pengembangan konten tersebut ke ranah lain, salah satunya kepada kreator konten yang tergabung dalam YouTube Partner Program.

"Kini, dana yang kami miliki bisa disalurkan dan bakal berdampak besar kepada lebih banyak kreator konten dan berbagai proyek yang ada di dalamnya," ujar Robert.

Robert juga mengatakan bahwa pihaknya bakal membayar kreator konten yang sudah tergabung dalam acara-acara yang berada di bawah kontrak YouTube Originals.

"Informasi pembayaran komitmen ini bakal kami sampaikan kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam beberapa hari mendatang," imbuh Robert.

Baca juga: Tak Hanya Meta Facebook dan Twitter, YouTube Ungkap Rencana Ikut Hadirkan NFT di Platformnya

Baca juga: APA Itu Super Thanks YouTube? Benarkah Fitur Bisa Beri Tip untuk Konten Kreator? Simak Penjelasannya

YouTube Originals resmi ditutup
YouTube Originals resmi ditutup (Twitter)

Untuk diketahui, YouTube Originals dirintis pada 2016 dengan semangat untuk menyaingi berbagai platform streaming populer melalui beragam film dan serial orisinal, seperti Netflix, Amazon Prime, dan platform video on demand lainnya.

Namun, pada 2018, YouTube perlahan mulai menyetop beberapa konten Originals andalannya, seperti Cobra Kai yang kini hadir di Netflix, On Becoming a God In Central Florida yang kini hadir di Showtime, dan Step Up yang dibeli oleh Starz.

Setelah itu, YouTube mulai membuat konten-konten segar yang dibuat tanpa naskah (unscripted) dari tiga kategori berbeda, yaitu musik, selebritas, dan video yang diisi oleh kreator konten di YouTube, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Variety, Rabu (19/1/2022).

Beberapa judul Originals yang populer mencakup serial dokumenter Justin Bieber: Seasons, serial drama Liza on Demand, serial interaktif yang menggandeng YouTuber gamer Markiplier, film dokumenter Life in a Day 2020, dan masih banyak lagi.

(Kompas.com/ Bill Clinten)

Artikel ini diolah dari Kompas.com yang berjudul "YouTube Originals Resmi Ditutup"

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved